10 langkah pasang IMPLANT…

Malam moms…

Disini saya akan share langkah2 pemasangan KB Implant ya moms…biar pada nggak penasaran, ketakutan jadi kita simak aja yuk moms…

  1. Siapkan alat2 pemasangan ( Implant set, antiseptik, jarum, lidocain, plester, handscound)
  2. Siapkan pasien untuk kita lakukan anestesi, 
  3. Sebelum dilakukan anestesi, berikan antiseptik pada bagian yg mau disuntik ya moms…
  4. Lakukan anestesi…sampai pasien tidak merasa sakit moms ( ba al)
  5. Siapkan Implant set…masukkan trokar implant pada bagian yg di anestesi smp batas garis pada trokar ya moms…
  6. Masukkan pendorong capsul yg ada di Implant set
  7. Tarik perlahan trokar, tahan bagian pendorong capsul implant
  8. Masukkan trokar disebelah sisi yg sudah terpasang ( ulangi langkah 11)
  9. Capsul Implant pun sudah terpasang semua moms…
  10. Tutup pakai plester bekas luka nya ya moms…( lukanya cuma sebesar bekas jarum kok)

Bagaimana moms…cepet kan pasang nya dan dijamin ngak bakal sakit dech. KB Implant ini jangka waktu pemakaian sampai 3 tahun lho moms dan di pasang nya pas dibawah kulit bagian dalam lengan kiri atas…jd ngak harus datang setiap bulan atau 3 bulan lagi, efektif kan moms…??? 😉😉😉

KIH ( Kelas Ibu Hamil) dengan Setangkai Melati…

Hallo moms..

Baru beberapa hari yang lalu saya membaca berita disalah satu koran swasta tentang KIH ( Kelas Ibu Hamil) eh…hari ini dapat surat tugas ikut kegiatan monitoring tentang kelas ibu hamil kebetulan banget ya moms…😊😊😊 beruntungnya….

Teori inti dari kelas ibu hamil sendiri adalah:

  1. Mengetahui pengetahuan tentang kehamilan (normal dan tidak normal) #tanda bahaya udah ada di artikel sebelumnya ya moms…#☺
  2. Mengetahui awal tanda2 persalinan
  3. Mengetahui dan mendeteksi awal tanda2 bahaya pada ibu nifas dan BBL
  4. Mengetahui lebih lanjut pengetahuan tentang IMS

Di dalam kelas ibu hamil itu sendiri moms…terdiri dari 10-15 orang ibu hamil ( boleh sama bapaknya ya moms) berkumpul dalam satu ruangan, dilaksanakan setiap minggu selama 4 kali pertemuan, kita bersama sama membahas tentang kesehatan ibu dan balita. Didalam teori dijelaskan tanda2 bahaya, tanda persalinan, senam hamil, asupan gizi dan lain sebagainya ( lengkap dech moms…bs lgsung tanya jawab jg lho)☺

KIH itu sendiri adalah kegiatan yg harus kita jalankan untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi, yg di dalam pelaksanaannya harus ada inovasi2 yg dibentuk untuk menarik antusias para ibu dan suami, diantara moms…

  1. Membuat group Whatsapp KIH ( teknologi udah semakin canggih moms)
  2. Melaksanakan KIH di ruangan yg nyaman ( biar rileks moms)
  3. Menyediakan kuis dan doorprize ( antusias datang ke KIH semakin tinggi)

Nah…dengan adanya KIH dan inovasi ini kita berharap masyarakat sadar arti dari kesehatan ibu dan anak. Sehingga inovasi ini kita beri nama “Setangkai Melati” yaitu Selamatkan dan semangat Turunkan Angka Kematian Anak dan Ibu dengan Melayani Sepenuh Hati.

Ayooo moms…tunggu apalagi periksakan kehamilan anda di puskesmas dan ikutilah KIH yang diadakan dipuskesmas terdekat anda.😘😘😘

Cepat pasang nya, lama dipakainya…(part 2)

AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) / IUD 

Hai moms….

Pasca saya menuliskan tentang alat kontrasepsi kemarin, saya menerima beberapa pertanyaan terkait alat kontrasepsi yang saya pakai. Saya memakai AKDR, yang lebih dikenal sebagai IUD (Intrauterine Device) atau biasa disebut sebagai spiral,-merujuk pada bentuk IUD generasi awal-. 

IUD adalah alat kecil yang dipasang dalam rahim.  Bentuknya yang sekarang menyerupai huruf T, terbuat dari rangka plastik yang lentur, ada bagian yang dililit tembaga, dan ada benang di ujung.

Cara kerja utama adalah mencegah masuknya spermatozoa ke dalam saluran tuba (mencegah sperma bertemu sel telur). 

Namun sebenarnya ada banyak keuntungan menggunakan alat kontrasepsi IUD lho moms, diantaranya :

1. Tidak menghambat produksi ASI

2. Dapat dipasang segera setelah persalinan atau sesudah keguguran jika tidak terjadi infeksi 

3. Dapat dipakai pada ibu berusia lebih    dari 35 tahun

4. Dapat dipakai pada ibu dengan                  tekanan darah tinggi dan perokok berat 

5. Jangka waktu pemakaian lama, antara     5-8 tahun dan dapat dipakai sampai           menopause 

6. Efek sampingnya sangat kecil
Adapun efek samping pemakaian Iud

~setelah pemasangan~

1. Nyeri di pinggul dan mules selama beberapa hari 

2. Spotting/flek dalam beberapa minggu 

Note: Selama saya memekai IUD, alhamdulillah saya tidak pernah mengalami efek samping setelah pemasangan 😉

~efek samping pada umumnya~

1. Haid lebih banyak dan lebih lama

2. Bercak/flek/spotting diantara masa haid

3. Nyeri saat menstruasi /haid

Note: untuk efek samping ini alhamdulillah saya beberapa kali mengalami tapi sangat jarang (sepertinya saat terlalu capek dan banyak stresss, saya mengalami efek samping yang ini)

Bentuk IUD yang sekarang berbeda dengan yang dulu lho moms yang berbentuk spiral. Sekarang lebih menyerupai huruf T. adalah bentuk IUD program pemerintah, tersedia di Puskesmas (di wilayah keagungan gratis dengan menunjukkan KTP aja ya moms…😊😊😊

Katanya IUD mengganggu ‘hubungan suami istri ‘? Alhamdulillah kami tidak terganggu, buktinya suami saya tidak ada keluhan kok moms selama 4 tahun saya memakainya. Sebenarnya sebelum menuju rahim (tempat IUD dipasang) ada Liang senggama yang fleksibel. Kalaupun terasa tersenggol, itu kemungkinan adalah benang IUD, yang teksturnya halus dan tidak melukai.

Note: untuk adaptasi/penyesuaian di masa awal pemasangan, bisa dipakai kondom ketika ‘berhubungan’ sampai dirasa nyaman dan terbiasa. Karena percayalah, kepuasan saat ‘making love/bercinta’ sebagian besar adalah perkara psikologis 😉

TAMBAHAN 

Untuk yang berniat pasang IUD, bisa pasang pada hari terakhir menstruasi atau persis setelah menstruasi berakhir karena pada saat itu posisi mulut rahim masih membuka sehingga memudahkan pemasangan 😉 

Cepat pasang nya, lama di pakainya….

Hai moms…

Berbagi cerita ya moms, hari ini sungguh di luar dugaan. Apa itu moms???

Datanglah seorang pasien peserta KB lama, dia datang untuk ber KB ulang ditanya tentang keluhan pertama dia nggak bilang apa2 setelah saya tanya kapan haid terakhir…nah si pasien akhirnya bercerita panjang lebar.

Keluhan sering nyeri perut, pusing, dan tidak pernah dapat haid…selama kurang lebih 2 tahun nggak haid??? Kebayang nggak moms rasanya kayak apa ya di badan…??? Msh ingat tanda gejala kanker rahim moms, yang pernah saya tulis diartikel? 

Setelah saya keluarkan ABK (Alat Bantu Keputusan) tentang macam2 KB dan efek sampingnya tertujulah pada 1 jenis KB yang pasien saya inginkan selama ini, ya…KB IUD atau orang2 tau dengan nama Spiral.

Entah apa yang saya jelaskan ke pasien sampai akhirnya pasien saya langsung memilih KB ini, senengggg nya saya melihat pasien saya yg dulunya KB hormonal skrg mau berpindah menggunakan KB jangka panjang.

Ayooo moms…tunggu apa lagi yg masih KB hormonal datang ke puskesmas terdekat ya, nggak lama dan nggak sakit kok moms. “Cepat pasang nya lama dipakainya” #ke tempat saya juga boleh kok moms, pkl keagungan#😁😁

Ayooo moms…silahkan yg punya pengalaman tentang alat kontrasepsi ini, comen ya!!!

Family Gathering Kader Puskesmas Kel. Keagungan (Bag.1)

Pagi moms..

Pagi ini kita-kita semua lagi ramah tamah seluruh kader Kelurahan Keagungan. Start dari puskesmas pukul 7 pagi, sampai Taman Matahari Puncak sekitar pukul 9. Total peserta 90 orang lho. Banyak banget kan. Hebatnya lagi para kader ini swadaya lho moms… Salut deh buat ibu-ibu kader Kelurahan Keagungan..

Sayangnya sampai di lokasi lagi hujaaaann.. huhuhu…

Stay tuned ya Moms.. saat ini lagi ada kuis kesehatan berhadiah. Sambung lagi nanti yaaa…

Setahun Sekali… lakukan IVA

Siang moms…

Hari ini sharing tentang penyakit ya moms…tau kanker rahim nggak moms??? Apa sich penyebabnya??? Dan tanda2 nya apa saja???

Untuk mendeteksi awal terhadap kanker Rahim, di tempat saya bekerja tersedia pemeriksaan nya lho moms…yaitu dengan cara IVA ( Inspeksi Visual Asam Asetat) mendeteksi kanker rahim dengan cara melihat langsung leher rahim dengan menggunakan larutan asam asetat.

Gampang dan cepet kok moms…cuma dalan waktu 5-15 menit kita sudah bisa tau apakah rahim kita terdeteksi kanker rahim atau tidak. Alatnya pun simple dan praktis kok moms jd tidak begitu menyeramkan…cuma larutan asam asetat, aquabides, kapas lidi, speculum.   #bagi yg sudah menikah dan sudah pernah melakukan hubungan intim ya#😁

Penyebab awal terjadi kanker rahim ya moms…

  1. Hubungan seksual terlalu dini
  2. Berganti ganti pasangan
  3. Merokok
  4. KB hormonal lebih dari 5 tahun

Gejala awal nya moms…

  1. Sakit saat berhubungan intim
  2. Perubahan pada siklus haid
  3. Keluar cairan tanpa berhenti, keputihan yg berbau, gatal, dan berwarna hijau.

Jadi moms…tunggu apalagi ayo periksakan rahim anda ke puskesmas terdekat ya moms.

Asal mulai….”SEHAT” 

Sore moms…

Ada yang tau ngak moms, sehat itu dimulai sejak kapan sich??? Sedikit info ya moms…sehat itu sebenarnya di mulai saat kita masih dalam kandungan dan sampai kita tutup usia lho moms…

Jadi tunggu apalagi moms…ayo ayo bagi yang sedang hamil jagalah kesehatan ya jangan biarkan buah hati kita buta akan arti kesehatan. Oleh sebab itu periksakan kehamilan anda pada tenaga kesehatan ya moms… baik ke klinik, RB, puskesmas dan RS terdekat.

Inilah contoh tenaga kesehatan kita yg menginspirasi tentang artinya kesehatan, terima kasih team Suku Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kecamatan Tamansari.

Bayi yang di IMUNISASI itu Keren…

Hai moms…

Hari ini terharu dech,,,,

Siapa bilang imunisasi itu sakit dan serem, ternyata nggak lho moms…nyatanya hari ini datanglah 1 keluarga bahagia ibu, ayah dan anak yang masih umur 4,5 bulan. Dengan wajah yg sumringah dan penuh bahagia keluarga ini mengantarkan si buah hatinya datang ke puskesmas untuk dilakukan imunisasi DPT HB/ HIB 3+ Polio 4+ IPV. Keren kan moms…????

Dan lebih keren lagi si ibu mau megang langsung si kecil di suntik lho moms…

Ayo moms…tunggu apa lagi ajak si ayah ya buat mengantar imunisasi si kecil ke puskesmas, #salam cinta buat si kecil ya moms😘😘😘

Imunisasi Dasar Bayi dan Balita….

Hallo…selamat sore moms!!!

Apa kabar hari ini, bgmn si kecil moms brp bulan si kecil hari ini???

Hari ini ditempat saya bekerja jadwalnya imunisasi pada bayi dan balita lho moms…ayo moms cari tau jadwal imunisasi pada si kecil.

Imunisasi bagi si kecil sangat penting lho moms untuk kekebalan tubuh si kecil dr berbagai virus. Oya moms…sudah tau blm kapan si kecil harus di imunisasi lagi dan apa saja sich imunisasi bagi si kecil. Yuk moms cek buku kesehatan ibu dan anaknya, didalam buku itu ada lho moms jadwalnya

Sedikit saya share ya moms…jadwal imunisasi buat si kecil nya,,,,

  • Hepatitis B : 0-7 hari
  • BCG + Polio 1             : 1 bulan
  • DPT/HB HIB 1 + Polio 2 : 2 bulan
  • DPT/HB HIB 2 + Polio 3 : 3 bulan
  • DPT/HB HIB 3 + Polio 4 : 4 bulan
  •  IPV                                    : 4-11 bulan
  • Campak                              : 9 bulan
  • DPT/HB HIB Boster        : 18 bulan
  • Campak Boster                : 24 bulan

Oya moms…untuk yg IPV vaksin terbaru ya moms yaitu vaksin polio yg disuntik.

Bagaimana moms…sudahkah si kecil lengkap imunisasinya??? Bagi yg belum lengkap dan saatnya imunisasi lagi ayo moms bawa si kecil ke puskesmas terdekat ya moms…#vaksin dijamin asli lho moms# ☺

Jangan biarkan si kecil sakit di kemudian hari, buatlah mereka selalu tersenyum ya moms…satu suntikan tidak mengurangi keceriaan si kecil ya moms, tangisannya akan membawa dia pada kesehatan nantinya. Salam cinta buat si kecil ya moms…😘😘😘

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑